4+ Cara Mengembalikan Akun OVO yang Di Hack

cara mengembalikan akun ovo yang di hack

Cara Mengembalikan Akun OVO yang Di Hack – Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, keamanan akun menjadi prioritas utama bagi pengguna layanan keuangan online. Salah satu layanan populer di Indonesia adalah OVO, sebuah aplikasi pembayaran digital yang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

Namun, ada risiko yang tak terhindarkan, yaitu peretasan akun. Apa yang dapat dilakukan ketika akun OVO Anda diretas?

Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengembalikan akun OVO yang dihack.

Baca juga: Cara Aktifkan OVO di Tokopedia & Nonaktifkan 2023

Bisakah Mengembalikan Akun OVO yang Di Hack?

Mungkin ada dari beberapa pengguna dompet digital pernah mengalami situasi yang mengejutkan dan menyakitkan di mana akun OVO Anda diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya peretasan akun dapat merugikan secara finansial juga mengancam keamanan data pribadi.

Namun apabila hal tersebut terjadi, apakah ada kesempatan untuk mengambil alih akun kita? Tentu saja bisa asalkan mengetahui alurnya dengan benar.

Yuk simak penjelasannya lebih detailnya.

Syarat Mengembalikan Akun OVO yang Di Hack

Disaat akun e-wallet telah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka hal yang perlu dilakukan yaitu melaporkannya pada call center OVO.

Tentu saja sebelum melaksanakan cara mengembalikan akun OVO yang di hack, ketahui dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan.

Karena pada dasarnya proses pemulihan akun tersebut tidaklah sederhana. Maka dari itu pastikan Anda telah memenuhi persyaratannya berikut.

  • Merupakan pemilik akun asli dimana nomor KTP atau ponsel sesuai dengan akun
  • Telah memverifikasi profil atau EKYC.
  • Nomor ponsel masih aktif

Setelah mempersiapkan persyaratan diatas, maka kemungkinan besar akun OVO dapat diambil alih lagi. Perlu diketahui bahwa apabila terdapat aktivitas mencurigakan, pihak OVO dapat memblokir akun OVO.

Cara Mengembalikan Akun OVO yang Di Hack

Sebenarnya untuk mengambil alih kembali akun caranya cukup mudah. Karena Anda hanya perlu melaporkannya ke call center saja.

Namun hal tersebut dapat dilakukan hanya apabila Anda terbukti sebagai pemilik sah akun. Langkah-langkahnya akan menjadi rumit jika semua persyaratan belum terpenuhi.

Langsung saja berikut cara mengembalikan akun ovo yang di hack:

1. Gunakan Nomor Telepon yang Terdaftar

Seperti penjelasan sebelumnya, pemilik akun wajib menghubungi call center. Pastikan saat melancarkannya Anda menggunakan nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut.

2. Menghubungi Call Center OVO

Saat ini terdapat beberapa opsi untuk dapat berkomunikasi dengan pihak customer service. Pengguna dapat menggunakan media facebook, twitter, instagram, email maupun telepon.

Namun untuk kasus ini, Anda wajib menelpon call center melalui telepon. Apabila akun anda merupakan pengguna biasa, hubungi 1 500 696 sedangkan untuk ovo merchant 1 500 167.

3. Ajukan Pemulihan Akun yang Kena Hack

Silahkan ceritakan semua informasi yang jelas terkait kejadian peretasan akun e-wallet Anda. Nantinya Tim customer service akan membantu dan memandu Anda dalam proses pemulihan akun yang terkena hack.

4. Ikuti Arahan Customer Service

Tim pelayanan pelanggan nantinya akan bertanya pada pelapor tentang kejadian sebenarnya. Jelaskan secara detail informasi secara jujur agar proses pemulihan akun bisa berjalan dengan lancar.

Kemudian Anda akan diarahkan bagaimana alurnya.

5. OVO Anda Berhasil Dipulihkan

Setelah mengikuti arahan dari customer service, maka proses pemulihan telah selesai. Namun selanjutnya ikuti beberapa tips dan saran agar hacker tidak bisa membobol akun Anda lagi.

Baca juga: Cara Apply OVO Paylater

Tips dan Saran Agar Akun OVO Tidak Dapat di Hack

Setelah mengetahui cara mengembalikan akun ovo yang di hack, adapun beberapa aktivitas yang perlu dijaga setelah berhasil memulihkan akunmu.

Ini wajib dilakukan agar kejadian sebelumnya tidak terulang kembali.

1. Ubah Kata Sandi

Sesudah mengambil alih akunmu, maka hal yang perlu dilakukan yaitu mengubah kata sandi.

Jangan menggunakan sandi lemah, buat kata sandi yang kuat dan unik agar peretas sulit menebak. Hindari memakai sandi tanggal lahir.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Agar hacker sulit membobol akun dompet digital, pastikan telah mengaktifkan verifikasi dua langkah. Fitur tersebut akan menambahkan lapisan keamanan dna mengurangi kemungkinan akun OVO di hack di masa depan.

3. Meninjau Aktivitas Transaksi

Jika Anda berhasil mendapatkan kembali akses akun OVO, penting untuk memeriksa aktivitas transaksi terkini, serta saldonya.

Periksa riwayat transaksi dan pastikan tak ada transaksi yang mencurigakan atau diotorisasi. Bila hal tersebut terjadi maka segera laporkan hal ini kepada customer service.

4. Jaga Keamanan Data Pribadi

Menjaga keamanan data pribadi merupakan hal yang sangat penting. Jangan pernah sekali-sekali memberikan informasi pribadi seperti nomor PIN, kata sandi atau kode OTP kepada siapapun termasuk perusahan OVO sendiri.

Karena informasi tersebut merupakan kunci utama untuk masuk ke akun Anda. 

Kesimpulan

Pada dasarnya peretas dapat mengakses akun target itu umumnya dikarenakan kelalaian dari pengguna. Pasalnya OVO juga telah membuat sistem keamanan yang cukup kuat dalam melindungi data pribadi para pelanggannya. Oleh karena itu selalu waspada dan berhati-hati saat bertransaksi.

Pastikan ikuti tips dan saran diatas untuk meminimalisir terjadinya peretasan. Cukup sekian penjelasan dari cara mengembalikan akun OVO yang di hack. Semoga informasinya bermanfaat, wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *